•  

Resensi

Petualangan Ajaib Emmy yang Mendebarkan



Mengapa banyak orang -termasuk saya- tetap mencintai dan memburu buku anak-anak meskipun usia sudah tidak bisa dibilang muda? Dalam beberapa hal, karena kemampuan buku-buku tersebut untuk membawa saya mengunjungi dunia imajinasi yang tak berbatas. Dengan kesederhanaan yang indah, dengan sudut pandang anak-anak yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita. Itu sebabnya saya sangat salut dengan penulis buku anak-anak yang bisa menyelami dunia mereka, bahkan setelah melewati ambang kedewasaan, ketika kepekaan rasa mulai terkontaminasi oleh hal-hal duniawi.

Sebelum melantur lebih jauh, dunia ajaib semacam itulah yang saya temukan di buku Emmy and the Incredible Shrinking Rat - dialihbahasakan menjadi Emmy dan Tikus Penciut yang Menakjubkan. Emmy adalah gadis kecil yang kaya raya dan baik hati namun tidak bahagia, karena tidak ada yang peduli padanya. Orangtuanya selalu bepergian sementara teman-teman di sekolahnya seakan tidak pernah menyadari kehadirannya. Dan semua itu berawal ketika keluarga kecil Emmy mendapat warisan melimpah, yang membuat mereka meninggalkan kehidupan lama yang sederhana sebagai pemilik toko buku kecil, dan menjalani kehidupan baru yang bergelimang uang. Juga bertemu Miss Barmy, pengasuh Emmy yang cantik tapi kejam.

Siapa sangka, melalui pertemanannya dengan seekor tikus di sekolah, Emmy bisa membongkar kedok Mrs. Barmy yang berniat jahat pada keluarganya, sekaligus berkenalan dengan hewan-hewan pengerat dengan kemampuan luar biasa. Hewan-hewan cerdas yang bahkan bisa membangun kota mereka sendiri di bawah tanah.

Terus terang, saya sampai berdebar-debar membaca buku bersampul imut ini. Setiap kali Miss Barmy muncul, saya berseru-seru -dalam hati tentu saja- supaya Emmy segera menyelamatkan diri. Terbukti buku anak-anak pun tak kalah menegangkannya dengan buku dewasa.

Seperti biasa, selalu ada pesan yang tersirat dalam setiap kisah di buku anak-anak. Di sini, penulis Lynne Jonell ingin menyampaikan bahwa hal-hal duniawi seperti harta dan kekuasaan sesungguhnya tidak lebih berarti dibandingkan kehangatan cinta, pertemanan dan keluarga. Seandainya semua anak yang membaca buku-buku dengan pesan indah seperti ini terus membawa nilai-nilai tersebut sampai mereka dewasa, alangkah hebat masa depan yang menanti mereka.

Semua itu yang membuat saya selalu terpikat pada buku anak-anak, dan, kadang-kadang, berharap tidak pernah beranjak dewasa agar bisa hidup di dunia ajaib selamanya :)

Detail Buku
Judul : Emmy and the Incredible Shrinking Rat
Penulis : Lynne Jonell
Penerbit : Atria
Penerjemah : MM Lubis
Penyunting : Jia Effendie, Ida Wajdi
Pewajah isi : Enjang Gunawan (aku suka gambar pohon di setiap halaman)
Tebal : 341 halaman
Cetakan : I, Juni 2010

Kantor dan Redaksi



Jln. Rambutan VIII No.4

Komplek Mahkamah Agung R.I

Pejaten Barat, Pasar Minggu

akarta Selatan, Indonesia

Telp (021) 27534040 (hunting)

Fax (021) 27534400

Showroom dan Toko Buku



Jln. Pertanian III No 58

Pasar Minggu

Jakarta Selatan

Phone. (021) 7824013

Follow Us On