•  

Resensi

Alvin Ho #2




Perlawanan terberat adalah melawan ketakutan diri sendiri. Apakah kamu punya rasa ketakutan yang berlebihan semacam phobia atau alergi? Saya punya alergi, kulit sensitif sekali dengan debu. Padahal pekerjaan saya sebagai pustakawan pasti bersentuhan dengan debu. Debu-debu di rak. Debu-debu di buku. Debu-debu di komputer. Debu-debu di meja. Banyak debu di mana-mana. Bahkan, sewaktu di perpus kampus, rasanya seperti perang, judulnya perang melawan debu, memakai masker dan sarung tangan. Lebay ya? Tapi memang begitulah adanya, karena dulu saat stock opname perpustakaan kampus, seumur-umur baru kali itu ngalamin batuk ampe hampir tiga bulan. Kebanyakan menghirup debu :p
Seorang pahlawan adalah orang yang bersedia menghadapi rasa takut. (hal. 165)


Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan alergi? Menurut WIKIPEDIA, Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia berkasi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.


Bagaimana dengan Alvin Ho dalam buku kedua ini? Alvin (lagi-lagi) mengoleksi berbagai macam alergi. Alvin alergi terhadap berkemah, hiking, dan aneka bencana alam. Ayah Alvin justru mengajaknya berkemah dan hiking di hutan. Berarti, Alvin akan menghadapi segalam macam yang selama ini dirasakannya terlihat menakutkan.
Ayahku bukanlah pahlawan super, tapi dia bisa menarikku keluar dari apa pun juga, bahkan dari belitan ular sanca yang berusaha meremasku hingga mati. (hal. 42)


Mencium bau cacing tanah. Granat hujan meledak di atas mobil. Kilat membelah angkasa. Guntur menggelegar seperti perut besar yang keroncongan. Kap mobil beterbangan tanpa mobilnya. Hal-hal itulah yang ditaakutkan Alvin sebelum berkemah bersama ayahnya. Apa yang terjadi? Apakah Alvin berhasil menjalani berkemah dan hiking?


Apa itu SURVIVAL:
S : Simak dan pelajari situasinya
U: Utamakan penggunaan semua panca inderamu
R : Ringankan beban tubuh dengan membuang air terlebih dahulu
V : Vital sekali untuk tidak merasa takut dan panik
I : Improviisasi
V : Vakum bersih semua remah makananmu
A : Amankan diri dengan selalu membawa senjata
L : Latihlah beberapa trik rahasia


Permasalahan yang dihadapi Alvin sangat wajar, seperti kebanyakan  anak-anak seusianya. Suka cemas akan sesuatu yang (bahkan) belum dihadapi. Bahkan terkadang khawatir berlebihan. Lewat buku, kita bisa belajar bahwa ketakutan bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi. Cocok buat dibaca adik atau ponakan kita. Apalagi ditambah adanya selipan gambar yang lucu-lucu.


Mengenal dan menghargai alam adalah kunci untuk selalu bisa berhasil melakukan berbagai penemuan seumur hidup. (hal. 44)

Kantor dan Redaksi



Jln. Rambutan VIII No.4

Komplek Mahkamah Agung R.I

Pejaten Barat, Pasar Minggu

akarta Selatan, Indonesia

Telp (021) 27534040 (hunting)

Fax (021) 27534400

Showroom dan Toko Buku



Jln. Pertanian III No 58

Pasar Minggu

Jakarta Selatan

Phone. (021) 7824013

Follow Us On